Pameran merupakan penyajian gambaran suatu hasil karya menggunakan visualisasi dua dimensi dan tiga dimensi dengan tujuan memberikan informasi atau mengkomunikasikan ide kepada orang banyak. Pameran pada dasarnya adalah suatu usaha memperlihatkan hasil karya secara sistematis dari model atau contoh hasil karya sesungguhnya yang dikemas dalam suatu acara untuk mendapatkan perhatian dari para pengunjung atau calon pembeli. Hampir segala jenis hasil karya dapat ditampilkan dalam acara pameran dengan berbagai macam media. Rico Promotion Service selaku mitra pameran dan dekorasi senantiasa siap membantu Anda dalam menyelenggarakan pameran. Beberapa persiapan yang perlu dilakukan dalam penyelenggaraan pameran, adalah:
- Menentukan tujuan diselenggarakannya pameran.
- Menenentukan tema pameran.
- Membuat rencana materi yang akan dipamerkan.
- Mengundang instansi, lembaga, organisasi profesi dan swasta untuk menjadi peserta pameran, berdasarkan rencana yang telah dibuat.
- Mempersiapkan area pameran yang memadai berdasarkan jumlah peserta yang mengikuti pameran.
- Menyiapkan juru penerang yang benar-benar menguasai materi.
- Mengumumkan adanya pameran tersebut di tempat-tempat tertentu agar diketahui oleh masyarakat banyak, misalnya dengan penempelan poster, spanduk, atau pemanfaatan media massa lain.
- Mempersiapkan pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan pameran.
Pameran adalah suatu kegiatan penyajian hasil karya untuk dikomunikasikan sehingga mendapatkan apresiasi dari masyarakat luas. Pameran juga merupakan suatu bentuk usaha untuk mempertemukan antara produsen dan calon pembeli, dengan kata lain pameran adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam menampilkan produk hasil karya kepada calon pembeli. Adapun macam pameran itu adalah : show, exhibition, expo, pekan raya, fair, bazaar, pasar murah.
Rico Promotion Service Mitra dalam Pameran dan Dekorasi
Rico Promotion Service senantiasa membuat rasa antusias masyarakat untuk berkunjung, dengan mengemas acara pameran sedemikian rupa sehingga masyarakat lebih tertarik pada objek yang dipamerkan menurut booth design. Rico Promotion Service selalu membuat perencanaan pelaksanaan pameran dengan matang serta detail dalam menggunakan media sebagai sarana untuk menarik minat perhatian orang banyak. Pada dasarnya jenis media apapun dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam penyelenggaraan acara pameran. Rico Promotion Service akan memilih media yang sesuai dengan tujuan pameran itu sendiri yaitu menarik minat dan perhatian serta menyentuh hati calon pembeli. Mengingat pameran memiliki sifat memperlihatkan sesuatu, maka Rico Promotion Service senantiasa mengggunakan media visual, walaupun tidak menutup kemungkinan dipakainya media audio visual. Dalam penyelenggaraan pameran, media yang biasa dipergunakan oleh Rico Promotion Service adalah:
Media visual dua dimensi pada bidang yang tidak transparan. Seperti: gambar, peta, grafik, bagan, foto dan poster. Berbagai macam papan seperti papan tulis, papan flanel, papan magnet atau papan peragaan merupakan media statis yang dapat dijadikan tempat dipasangnya media visual dua dimensi tersebut.
Media visual tiga dimensi. Antara lain: benda asli, model, barang contoh atau spesimen, mock-up atau alat tiruan sederhana, diorama, bak pasir dan lain-lain.
Penggunaan media di atas sangat baik untuk pelaksanaan pameran, karena media tersebut dapat digunakan tanpa bantuan penjelasan oleh juru penerang. Juru penerang hanya menjelaskan hal-hal yang kurang dimengerti pengunjung. Di samping penggunaan media visual, media audiovisual dapat dimanfaatkan dalam upaya menghidupkan suasana pameran ala booth exhibition design. Misalnya dengan menampilkan film pendidikan tentang cara pembibitan jamur merang, atau menampilkan penjelasan interaktif yang diprogram dan dioperasikan melalui komputer.
Rico Promotion Service senantiasa membuat rasa antusias masyarakat untuk berkunjung, dengan mengemas acara pameran sedemikian rupa sehingga masyarakat lebih tertarik pada objek yang dipamerkan menurut booth design. Rico Promotion Service selalu membuat perencanaan pelaksanaan pameran dengan matang serta detail dalam menggunakan media sebagai sarana untuk menarik minat perhatian orang banyak. Pada dasarnya jenis media apapun dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam penyelenggaraan acara pameran. Rico Promotion Service akan memilih media yang sesuai dengan tujuan pameran itu sendiri yaitu menarik minat dan perhatian serta menyentuh hati calon pembeli. Mengingat pameran memiliki sifat memperlihatkan sesuatu, maka Rico Promotion Service senantiasa mengggunakan media visual, walaupun tidak menutup kemungkinan dipakainya media audio visual. Dalam penyelenggaraan pameran, media yang biasa dipergunakan oleh Rico Promotion Service adalah:
Media visual dua dimensi pada bidang yang tidak transparan. Seperti: gambar, peta, grafik, bagan, foto dan poster. Berbagai macam papan seperti papan tulis, papan flanel, papan magnet atau papan peragaan merupakan media statis yang dapat dijadikan tempat dipasangnya media visual dua dimensi tersebut.
Media visual tiga dimensi. Antara lain: benda asli, model, barang contoh atau spesimen, mock-up atau alat tiruan sederhana, diorama, bak pasir dan lain-lain.
Penggunaan media di atas sangat baik untuk pelaksanaan pameran, karena media tersebut dapat digunakan tanpa bantuan penjelasan oleh juru penerang. Juru penerang hanya menjelaskan hal-hal yang kurang dimengerti pengunjung. Di samping penggunaan media visual, media audiovisual dapat dimanfaatkan dalam upaya menghidupkan suasana pameran ala booth exhibition design. Misalnya dengan menampilkan film pendidikan tentang cara pembibitan jamur merang, atau menampilkan penjelasan interaktif yang diprogram dan dioperasikan melalui komputer.
Manfaat Pameran
Ditinjau dari jumlah sasaran yang ingin dicapai, pameran termasuk jenis metode penyuluhan yang menggunakan pendekatan massal. Melalui pendekatan ini, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pelaksanaan pameran, antara lain:
Ditinjau dari jumlah sasaran yang ingin dicapai, pameran termasuk jenis metode penyuluhan yang menggunakan pendekatan massal. Melalui pendekatan ini, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pelaksanaan pameran, antara lain:
- menarik perhatian dan meningkatkan pengertian banyak orang
- memberikan alternatif usahatani kepada pengunjung terhadap cara-cara baru
- menumbuhkan daya tarik pada kegiatan-kegiatan penyuluhan
- memperlihatkan proses perbaikan teknologi pertanian dari masa ke masa
Terimakasih artikelnya menarik
ReplyDeletePerkenalkan kami dari perusahaan yang bergerak dalam penjualan alat support kantor dan pameran seperti standing poster siap melayani kebutuhan anda